Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendefinisian Prosedur Algoritma

Prosedur Algoritma


Pendefinisian prosedur artinya menuliskan nama prosedur, mendeklarasikan nama-nama konstanta, peubah dan tipe (jika ada), dan menjabarkan rangkaian aksi yang dilakukan. Pada dasarnya, struktur prosedur sama dengan struktur algoritma yang sudah anda kenal, yaitu : ada bagian judul (header) yang terdiri atas nama prosedur dan deklarasi parameter (jika ada), bagian deklarasi untuk mengumumkan nama-nama, dan bagan algoritma yang disebut badan prosedur. 

Setiap prosedur mempunyai nama yang unik. Nama prosedur sebaiknya diawali dengan kata kerja karena prosedur berisi suatu aktivitas, misalnya HitungLuas, Tukar, CariMaks, Inisialisasi, AktifkanMenu, dan lain sebagainya.

Parameter adalah nama-nama peubah yang dideklarasikan pada bagian header prosedur. Sebagian besar program memerlukan pertukaran data/informasi antara prosedur (atau fungsi) dan titik di mana ia dipanggil. Penggunaan parameter menawarkan mekanisme pertukaran informasi tersebut. Tiap item data ditransfer antara parameter aktual dan parameter formal yang bersesuaian.  

Parameter aktual (kadang-kadang disebut juga argumen) adalah parameter yang disertakan pada waktu pemanggilan prosedur, sedangkan parameter formal adalah parameter yang dideklarasikan di dalam bagian header prosedur itu sendiri. Ketika prosedur di panggil, parameter aktual menggantikan parameter formal. Tiap-tiap parameter aktual berpasangan dengan parameter formal yang bersesuaian.